Describing people
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA NEGERI 1 GIRI
Mata pelajaran
: Bahasa Inggris Wajib
Kelas/ Semester
: X / I
Materi
Pokok : Describing people
Alokasi
Waktu : 2x45 menit
A.Kompetensi inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
B.Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
3.7 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana
tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
INDIKATOR:
- Siswa memahami fungsi sosial, struktur tek,
dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif.
- Siswa mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif.
- Siswa menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif.
4.8 Menangkap
makna dalam teks deskriptif, lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
INDIKATOR:
- Siswa dapat menemukan informasi khusus pada
teks deskriptif.
- Siswa dapat menemukan informasi umum pada
teks deskriptif.
- Siswa dapat menemukan fungsi sosial pada teks
deskriptif sederhana.
4.10 Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan
bersejarah terkenal, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
INDIKATOR:
- Siswa mampu membuat teks diskriptif tulis
tentang orang, tempat wisata, dll dengan
memperhatikan unsur kebahasaan.
C.Materi Pembelajaran
Describing
people
Fungsi
sosial:
Membanggakan,
mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik, mempromosikan, dsb.
Struktur
teks:
(1) Penyebutan
nama orang yang dipilih untuk dideskripsikan
(2) Penyebutan
sifat orang
(3) Penyebutan
tindakan dari atau terkait dengan orang
Unsur
kebahasaan:
(1) Kata benda yang terkait dengan
orang
(2) Kata sifat yang terkait dengan
orang
(3) Ejaan dan tulisan tangan dan
cetak yang jelas dan rapi
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ketika mempresentasikan secara lisan.
(5) Rujukan kata
D.Alat/Media/Sumber Belajar
1. Alat : proyektor, laptop,
whiteboard, boardmarker.
2. Media : PPT, gambar
3. Sumber
Belajar : kamus, Buku siswa dan buku guru Kemendikbud 2014
E.Langkah-Langkah Pembelajaran
KegiatanPendahuluan (10 menit)
- Apersepsi: salam dan doa
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari;
- mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
- menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.
Kegiatan inti 1 (15 menit)
Pengamatan:
1. Guru meminta siswa untuk bekerja berpasangan.
2. Guru meminta siswa melihat gambar-gambar pada bagian WARMER.
Mempertanyakan/questioning:
Setelah peserta didik mengamati gambar-gambar pada buku,
guru memotifasi siswa untuk mempertanyakan:
1. Apa yang bisa kau ceritakan dari gambar tesebut?
2. Seperti apa mereka?
Mencoba (experimenting):
1.
Guru menjelaskan secara umum tentang
gambar-gambar yang ada dengan mengarahkan pada penjelasan mengenai bentuk fisik
seseorang.
2.
Guru menuntun siswa tentang hal-hal yang
dapat didiskusikan dari gambar-gambar tersebut, terutama tentang bagaimana cara
mendeskripsikan seseorang.
3.
Guru dapat memberikan contoh dari sebuah
gambar.
Mengasosiasi:
1. Guru meminta siswa untuk berdiskusi dengan
pasangannya.
2. Guru mengawasi dan membantu siswa selama diskusi.
Mengkomunikasikan/communicate:
1.
Ketika diskusi berakhir, guru memberi
kesempatan pada siswa untuk berbagi hasil diskusinya dengan seluruh anggota
kelas.
Kegiatan inti 2 (15 menit)
Pengamatan:
1. Guru meminta siswa memperhatikan
kata-kata yang ada dalam daftar pada section B.
Mempertanyakan/questioning:
1. Setelah peserta didik mengamati kata-kata yang ada
dalam daftar pada section B, guru memotifasi siswa untuk mempertanyakan apa
arti dari kata-kata tersebut
Mencoba (experimenting):
1. Guru meminta siswa mencari makna kata-kata yang
dianggap sulit.
Mengasosiasi:
1. Setelah selesai, guru meminta siswa untuk mencari
kata-kata lain yang serupa dengan kata-kata dalam Task 1.
2. Guru meminta siswa menempatkan masing-masing kata pada
kolom yang sesuai.
3. Guru dapat meminta siswa menambahkan kata-kata lain
yang sesuai ke dalam kolom,misalnya dengan menuntun siswa mencari lawan kata
dari kata-kata yang ada dalam daftar tersebut.
Mengkomunikasikan/communicate:
1.
Setelah selesai, guru memeriksa hasil
kerja siswa.
2.
Guru meminta siswa untuk mengisi jawaban
pada kolom yang disediakan guru satu-persatu.
Kegiatan inti 3 (15 menit)
Pengamatan:
1. Guru meminta siswa memperhatikan kata-kata yang ada
dalam kolom C.
Mempertanyakan/questioning:
1. Setelah peserta didik mengamati kata-kata yang ada
dalam daftar pada section C, guru memotifasi siswa untuk mempertanyakan apa yang
akan dilakukan dengan kata-kata tersebut.
Mencoba (experimenting):
1. Guru menunjukkan cara pengucapan setiap kata dalam
pronunciation practice.
2. Guru meminta siswa mengulang setelah ia mengucapkan
setiap kata.
Mengasosiasi:
1. Setelah
selesai, Guru meminta siswa untuk bekerja berpasangan untuk saling mengoreksi
tentang cara pengucapan yang benar.
Mengkomunikasikan/communicate:
1.
Guru meminta siswa mencoba pengucapannya
secara individual.
Kegiatan
inti 4 (20 menit)
Pengamatan:
1. Guru meminta siswa memperhatikan teks di section D.
Mempertanyakan/questioning:
1. Setelah peserta didik mengamati teks pada section D, guru
memotifasi siswa untuk mempertanyakan apa yang akan dilakukan dengan teks
tersebut.
Mencoba (experimenting):
1. Guru meminta siswa untuk membaca teks dalam hati
secara individual.
Mengasosiasi:
1. Guru meminta siswa untuk melihat kembali section B
jika siswa menemukan kata-kata atau ungkapan sulit yang ditemukan dalam teks
tersebut.
2. Guru meminta siswa mengerjakan soal secara individual.
Mengkomunikasikan/communicate:
1. Guru membahas jawaban yang benar untuk kesepuluh
pertanyaan dalam section ini dengan meminta siswa menjawab satu-persatu.
H. Penilaian Hasil Pembelajaran (10 menit)
(penilaian
otentik untuk proses dan hasil belajar)
1.
Tehnik Penilaian Sikap : Non test
berupa pengamatan langsung
2.
Pengetahuan : Penugasan
3.
Keterampilan : Unjuk kerja (performance)
Lampiran 1: Opening
Material (Leading Questions)
Lampiran 2: Intrumen Penilaian
Lampiran 3: Rubrik Penilaian
Lampiran 4:
Instrument penilaian sikap
Lampiran 5: Format
penilaian individu
0 komentar:
Posting Komentar